Cara (bukan strategi) Belajar

   Hai! Udah lama gak ngetik blog gara gara paket internet yg gak jelas =_=.Dan hari ini gua udh bisa ngetik blog lagi walaupun cm di hp hehe.Ok berhubung selama liburan gua dibeliin buku sama sodara gua maka gua akan memberikan sedikit pelajaran dr buku yg gua baca ato review dan tips dr gua hehehe this is it..



Jadi,gua dibeliin buku (gua yg ambil sih wehehe) dibayarin tepatnya sama sodara gua.Judul bukunya Bacakilat for Students (gambar bisa liat di google) maaf soalnya gua lg on di hp =_=.Isi bukunya ttg teknik belajar dan menurut gua buku ini jg bisa jd motivasi belajar juga.Ah rasanya gua pengen ikut workshopnya deh dr pd baca bukunya doang hiks π_π tp udh lengkap soalnya ada dvdnya jd ya lumayan bisa ngerti.Jadi,gua rekomendasi buku ini deh buat kalian semua soalnya kita kan gapernah diajarin cara belajar kan? cuma diajarin strateginya.



Ok.Dan langsung aja,ini adalah cara belajar ala gua \('>' )\ :

1.Ambil buku dan peralatan
 Ini udah jelas ya =_=

2.Baca sekilas buku
Kalau lg belajar rutin baca semua isi buku catatan atau kalau buku cetak baca bab baru ato lg dipelajari.Kalau ulangan fokus ke bab yg akan masuk ke ulangan.Kalau rutin belajar gini ulangan jd gampang belajarnya.

3.Bayangin atau Pikir Ulang
Misal ada bidang 3 dimensi berbentuk kubus,bayangin deh.Atau letak Indonesia 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT sih bayanginnya lu liat globe aja hehe yg ada dibuku ato cr kayak gini : LU LS BT BT (baca : lu les bete bete) hehe... cara dr kelas gua dulu

4.Bikin Mind Map
Ini nih yg bikin belajar jd gampang.Lu bisa cari contoh mind map di google (maaf gbs kasi gambar).Bikin mind map dr judul judul gtu.Gausah bagus,soalnya kan buat lu juga,yg penting jd gampang dipahami.Cara bikin mind map bisa liat di google jg(gbs kasi link-_-).

5.Latian
Kalau belajar sesuatu yg abstrak ato beda beda masalahnya kayak mat fisika dan kimia lu hrs banyak latian.Gausah maksain banyak soal cukup 10-15 atau semampu yg lu bisa.Perlahan lahan lu banyakin soal dan akan bisa mengerjakan soal lainnya.Santai dan jalani dgn alami~

6.Tanya temen ato guru
Gua suka tanya temen klo lagi bingung.Cari tmn yg menurut lu udh ngerti dan kalo emg gaada yg ngerti lu hrs tanya ke guru.Tanya ke temen jg hrs banyak nanya ke beda beda org ya soalnya beda org beda pemahaman.Nah krn beda pemahaman lu jd ngerti ada yg menurut lu mudah caranya dan ada yg sulit lu mengerti caranya krn tiap org beda beda.

7.BIkin catetan or kartu KoRus (KosakataRumus)
Ini adalah yg gua jrg bikin hehe.Bikin catetan kecil ato korus membantu kita klo lgbelajar bahasa,matematika dan fisika.Korus gua nemu sendiri kata katanya haha

8.Tidur
Setelah belajar pasti capek '-')/ jd kita bisa tdr atau apapun yg ga bikin otak jd capek.Usahakan jgn main game,soalnga game itu bikin otak jd kerja keras lg.Jadi makan yg banyak dan Tidur.Tp jgn kebanyakan ya '<')/




Ok,i think that's all sekian dan makasih :)

You Might Also Like

0 Comments

Bebas komen