#PerkaraDiet - Coba Water Fasting 3 Hari!

 



 Hai hai,

Jadi saya mau update tentang percobaan diet 3 hari lalu. Awalnya saya coba agar berat badan saya turun cepat. Namun ada beberapa hal yang saya perhatikan yaitu kondisi mood dan tubuh berubah drastis. Diet ini bukan untuk jangka panjang, dan hanya digunakan untuk detoksifikasi. Untuk anda yang kurus jangan coba diet ini karena malah akan merusak tubuh anda. Jadi bagaimana pengalaman saya? Mari disimak.


#Hari Pertama

Pada hari pertama saya benar" tidak makan sama sekali dan hanya minum sekitar 2,5L air. Akibatnya, saya jadi bolak-balik kamar mandi setiap 15 menit. Belum ada rasa lapar pada hari ini karena sebelumnya saya memang makan sedikit dan sering melewatkan makan, jadi hari pertama masih terasa normal. Untuk tidur masih terasa lelap, bahkan sampai bermimpi. Masih dapat melakukan aktivitas normal baik berat maupun ringan.

#Hari Kedua

Di hari kedua perubahan tubuh mulai terjadi, saya merasa lebih ringan dan kurus. Bahkan tulang selangka/collarbone saya mulai terlihat. Belum ada perubahan berarti pada perut, memang perut dan bagian tengah tubuh saya lebih sulit kurus dibandingkan bagian lainnya. Mulai terasa pusing, lemas dan lapar. Saya siasati dengan minum air yang banyak. Mood mulai menurun dan tidak kuat melakukan aktivitas berat. Namun tidak ada dorongan untuk makan (nafsu makan hilang) karena memang target saya adalah turun sebanyak"nya. (Jangan dicontoh)

#Hari Ketiga

Mood saya sangat turun drastis, lemas, lapar dan tidak sanggup melakukan apapun. Karena hari libur maka saya hanya dapat berbaring seharian. Tekanan darah saya turun sangat rendah, bahkan untuk berdiri rasanya pusing lemas sekali. Saya mencoba untuk mandi tapi tidak bisa berdiri, sehingga saya mandi sambil jongkok. Karena rasanya tubuh sudah tidak kuat, maka pada sore hari jam 16:00 WIB, saya membuat susu manis hangat dan mi goreng tumis. Setelah makan, perut masih terasa mual dan tidak berselera. Ditambah lagi ada order kerja yang makin menambah stress dan mood anjlok. Akhirnya saya memutuskan untuk istirahat sehari. Benar" suatu percobaan menyiksa diri. Namun saya dapat merasakan tubuh yang lebih ringan dibanding sebelumnya.

 Rata-rata pengalaman yang saya baca di internet mengatakan bahwa orang-orang turun 3kg dalam 3 hari #WaterFasting. Bukan hanya massa lemak, namun massa air dan kalori juga berkurang. Sehingga pada hari terakhir tubuh harus banyak mengonsumsi makanan penuh vitamin dan protein. Karena bahan makanan sedikit, saya hanya minum susu dan masak seadanya. Untuk tidur sendiri rasanya tidak nyenyak dan bangun dini hari. Rasanya lapar namun tidak ada hasrat untuk makanan.


Kesimpulannya : 

- Diet ini merupakan diet ekstrim

- Bukan untuk jangka panjang

- Cocok untuk yang ingin detoksifikasi tubuh


Saya sendiri tidak akan mengulangi diet ini karena tidak cocok untuk tubuh saya. Tidak merekomendasikan ke pembaca terutama yang punya penyakit maag dan jantung. Resiko anda tanggung sendiri. Demikian ringkasan pengalaman saya, semoga dapat menjadi referensi anda.


You Might Also Like

0 Comments

Bebas komen